Skip to main content

Intip Strategi Amazon.com yuk,

kawan, apakah Anda pelanggan Amazon.com? Atau baru sebatas melakukan pencarian produk saja di Amazon.com atau bahkan belum pernah mendengar mengenai Amazon.com? Baiklah, berikut ini saya menuliskan artikel sedikit mengenai Amazon.com dan strategi bisnis untuk menarik dan mempertahankan pelanggan lama. By the way, artikel ini juga saya tuliskan berdasarkan inspirasi dari mata kuliah KTI di kampus saya yang diajarkan oleh Sensei Drs. Achmad Basuki, M.Kom, Ph.D. For more information please visit the expert, tanyakan pada ahlinya ya, saya hanya merangkum dari berbagai sumber yang masih mungkin saya ada kesalahan pemahaman, lets take and share. Semoga bermanfaat :)

Perkenalan Amazon.com
Amazon.com, Inc adalah sebuah perusahaan internasional perdagangan elektronik Amerika dengan kantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Pada mulanya Amazon adalah toko buku online yang kemudian saat ini berkembang menjadi toko online terbesar di dunai yang menjual berbagai macam produk seperti DVD, VHSs, CD, video dan MP3 download streaming, software, video games, elektronik , pakaian, furniture, makanan, mainan, dan perhiasan. Amazon juga memproduksi barang elektronik seperti Kindle e-book reader dan tablet Kindle Fire komputer dan merupakan penyedia utama layanan komputasi awan.

Apakah Business Intelligence itu?
Business intelligence (BI) adalah seperangkat teori, metodologi, arsitektur, dan teknologi yang mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna dan berguna untuk tujuan bisnis. BI dapat menangani sejumlah besar data tidak terstruktur untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan dan sebaliknya menciptakan peluang baru. BI, dalam kata-kata sederhana, menjadikan interpretasi data dalam jumlah besar dengan mudah. Memanfaatkan peluang baru dan menerapkan strategi yang efektif dapat memberikan keunggulan pasar yang kompetitif dan stabilitas jangka panjang.


Strategi Amazon.com dalam menarik pelanggan baru
Pada mulanya, Amazon.com adalah penyedia layanan toko buku online dimana pelanggannya saat itu hanya terbatas pada orang-orang yang suka membaca buku. Seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan pelanggan, Amazon.com saat ini menyediakan berbagai produk seperti barang-barang elektronik, pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, aplikasi Android, DVD, download musik, peralatan olahraga, dan banyak lainnya. Hal ini menjadikan Amazon.com memperluas peluang pasar dari pembaca buku menjadi seluruh pengguna internet yang memerlukan produk yang disediakan oleh Amazon.com.
Amazon.com saat ini juga mengembangkan aplikasi mobile mengingat jumlah pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun Android bertambah sehingga hal ini merupakan peluang besar bagi Amazon.com untuk memperluas pasar pelanggannya ke para pelaku belanja online yang menggunakan smartphone. Bagi pelanggan tentu saja hal ini merupakan kemudahan layanan yang ditawarkan oleh Amazon.com dimana pelanggan dapat mencari produk, membeli produk, dan melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone.
Satu hal lagi yang dikembangkan oleh Amazon.com adalah kemudahan dalam transaksi pembayaran mengingat banyaknya pelanggan yang tidak mempunyai credit card. Data mengenai hal ini tentu saja didapatkan dari hasil penelitian tim Amazon.com dimana kemudahan pembayaran juga mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli produk melalui Amazon.com. Saat ini pelanggan dapat lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan Gift Cards, Coins, dan Coupon (detail dapat dilihat di website Amazon.com).

Sumber :

Strategi Amazon.com dalam mempertahankan pelanggan lama
Amazon.com memanfaatkan teknologi business intelligence dalam usaha untuk mempertahankan pelanggan lama. Konsep inti dari business intelligence secara teori adalah mengumpulkan sejumlah besar data, menyimpan data, menganalisis data, kemudian menghasilkan sebuah informasi penting yang dapat digunakan sebagai sebuah pengetahuan. Hal yang membuat Amazon.com mampu mempertahankan pelanggan lamanya adalah Amazon.com sangat memperhatikan detail. Teknologi business business intelligence digunakan oleh Amazon.com untuk mengumpulkan data pelanggan seperti data pencarian (customer browsing history) dan pembelian terakhir pelanggan (customer last purchasing). Data pencarian pelanggan dan pembelian pelanggan selanjutnya diolah untuk menghasilkan sebuah pengetahuan baru mengenai pelanggan tersebut. Hasil yang didapatkan adalah Amazon.com akan merekomendasikan barang-barang yang mungkin akan dibeli oleh pelanggan berdasarkan sejarah pencarian dan pembelian pelanggan.
Manfaat yang didapat dari sudut pandang pelanggan adalah pelanggan akan merasakan sensasi berbelanja online yang lebih personal karena memahami apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Tidak hanya memberikan rekomendasi, bahkan teknologi yang digunakan Amazon.com juga memungkinkan untuk memberikan rekomendasi barang kesukaan pelanggan yang sedang didiskon. Hal ini tentu saja membuka peluang lebih besar bagi pelanggan untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh Amazo.com. Alhasil, Amazon.com sebagai penyedia layanan berbelanja online dan pelanggan sama-sama mendapatkan manfaat dari teknologi business intelligence.

Sumber :

Baiklah, itu tadi hasil rangkuman saya mengenai Business Intelligence pada Amazon.com. Semoga bermanfaat. Apabila masih banyak hal yang kurang mohon dimaafkan dan mohon dikoreksi. Terima kasih. Danke y'all !

Wednesday, Feb 19th 2014

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kamu Tahun Baruan?

Pas pergantian tahun kemarin pada ngerayain nggak teman-teman? Kalau saya entah kenapa dari dulu nggak terlalu excited sama yang namanya tahun baruan. Mungkin karena sejak dulu sama orang tua nggak dibolehin kemana-mana juga pas malam tahun baru hehe. Paling yang bikin excited biasanya pas malam tahun baru ada film bagus yang ditayangin di tv. Meski sekarang nggak terlalu excited juga sih karena zaman sekarang sudah bisa download film terbaru di internet, eh, hehe. Lagipula menurut saya merayakan pergantian tahun sebegitu hebohnya juga pemborosan. Toh pergantian tahun juga sama seperti hari-hari biasa kan. Apakah ada yang special? Let me know if you do. Apalagi sebagai seorang muslim pergantian tahun baru kita sebetulnya itu bukan tahun Masehi tapi Hijriah yaitu setiap tanggal 1 Muharram. Peristiwa bersejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah menjadi awal perhitungan kalender dalam islam. Tapii bukan berarti mesti diperingati dengan heboh dan boros juga yaa. Alangkah

20 Sunscreen Lokal Bersertifikasi Halal MUI

Bagi para pengguna skincare, sunscreen adalah salah satu produk yang tidak boleh di skip  dalam rangkaian penggunaan skincare sehari-hari. Sunscreen bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap efek buruk paparan sinar ultraviolet bagi kulit tubuh manusia.  Buat kamu yang baru akan memulai atau sudah lama menggunakan sunscreen dan memiliki  concern terhadap keamanan serta kehalalan kandungan bahan-bahannya, jangan lupa untuk memperhatikan apakah produk sunscreen tersebut sudah bersertifikasi halal MUI dan BPOM ya. Nah, di bawah ini adalah beberapa sunscreen lokal yang telah bersertifikasi halal MUI dan BPOM berdasarkan pencarian kami disitus resmi  halal MUI dan  BPOM . Apa saja sih? Yuk kita simak! Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++ Azarine HydraMax-C Sunscreen Serum SPF 50 PA++++  (beli di shopee) Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum SPF 50 PA++++  (beli di shopee) Azarine HydraSoothe Sunscreen Mist SPF 50 PA++++  SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF 5